Green Campus, Sebuah Format Kampus Ideal


Oleh : Abdul Rokhim

Bumi merupakan tempat hidup bagi seluruh makhluk hidup termasuk manusia. Kelangsungan hidup kita tergantung oleh kelestarian bumi itu sendiri. Secara langsung maupun tidak langsung, kita bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi selama perkembangan sejarah manusia. Revolusi industri, sistem kapitalistik, dan lahirnya pabrik-pabrik besar menciptakan efek yang negatif bagi lingkungan. Perkembangan sejarah manusia mempunyai efek terbalik dengan lingkungannya, seperti adanya global warming, el nino, dan berbagai bencana yang berawal dari gerak sejarah manusia.

Berbagai isu-isu lingkungan diatas harus kita tanggapi dengan rasa tanggung jawab. Lahirnya gerakan-gerakan lingkungan yang memperjuangkan pentingnya lingkungan dapat kita contoh sebagai suatu teladan untuk menumbuhkan kesadaran kita akan pentingnya lingkungan. Sebagai seorang yang hidup di dunia akademisi, kita bisa membawa

isu-isu tersebut ke rana akademisi. Kita dapat menciptakan suatu gerakan green campus sebagai sebuah ikon baru dalam dunia akademisi. Kita dapat memahami dengan langsung melakukan sebuah langkah konkret menanggapi isu-isu lingkungan.

Sebuah ikon green campus diharapkan dapat menumbuhkan perhatian, terutama mahasiswa yang notabene adalah calon pemimpin bangsa ini untuk lebih dapat memperhatikan kelestarian lingkungan. Green campus dapat disosialisasikan dalam tindakan-tindakan kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, adanya tempat sampah organik dan anorganik, menanam lebih banyak pohon dilingkungan kampus atau bahkan menciptakan arsitektur bangunan kampus yang ramah bagi lingkungan. Selain menciptakan kampus yang sejuk, kita juga menciptakan suatu kampus yang kondusif sebagai tempat belajar-mengajar.

Lahirnya green campus mempunyai berbagai efek positif, baik mahasiswa sendiri, maupun lingkungan yang ada disekitarnya. Langkah ini bisa ditempuh dari hal-hal kecil seperti diatas dan kesadaran terhadap lingkungan akan dirasakan oleh siapapun yang melihat. Kita bisa melakukan sesuatu yang besar dari sesuatu yang kecil dari sekitar kita.

4 responses to “Green Campus, Sebuah Format Kampus Ideal

  1. kimsanada 27 Maret 2010 pukul 06:30

    betul gan.. di kampus saya Unissula Semarang udah digalakkan Green Campus…🙂

  2. Achmad Zulfikar 28 Maret 2010 pukul 17:04

    Green Kampus adalah konsep kampus yang ramah lingkungan , tapi dalam kenyataannya GReen Kampus susah untuk di galakkan . Jika masih saja para mahasiswa tidak mempunyai Green Paradigm ..

    Kunjungan Baliknya ditunggu yah :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: