Dan Bumi pun Menangis


Oleh : Abdul Rokhim

Dalam setiap pilihan hidup, pasti ada efek baik dan buruk sebagai sebuah konsekuansi yang selalu ada dan menyertai setiap pilihan yang ada. Kondisi yang sama juga berlaku terhadap corak produksi kapitalisme yang telah dipakai oleh sebagian Negara dunia sebagai system ekonominya. Disatu sisi, kapitalisme menawarkan berbagai solusi dalam menyelesaikan berbagai persoalan manusia. Menurut beberapa pakar ekonom kapitalis, system ekonomi kapitalisme dapat menyelesaikan masalah-masalah yang membelenggu manusia seperti, kemiskinan, pengangguran dan berbagai kasus terutama yang berhubungan dengan masalah ekonomi. Layaknya setiap pilihan, termasuk system ekonomi pasti akan menimbulkan efek buruk yang patut kita waspadai.

Kapitalisme pada dasarnya merupakan sebuah system ekonomi dimana seseorang diarahkan untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya. Modal merupakan kata kunci dalam memahami prinsip kapitalisme secara keseluruhan. Kebebasan seorang individu diberi ruang yang

luas untuk memproduksi apapun, tanpa ada harus campur tangan dari siapapun, termasuk Negara. Konsep ini sering kita dengar sebagai liberalisasi pasar. Kapitalisme dan liberalism merupakan paduan yang menjadi dasar kebanyakan system ekonomi yang dipakai oleh sebagian Negara didunia. Keduanya mengakibatkan adanya eksploitasi besar-besaran terhadap alam untuk mencapai keuntungan yang menjadi tujuan awal dari system ekonomi tersebut.

Eksploitasi yang dilakukan oleh kapitalisme pada dasarnya tidak dibatasi oleh nilai-nilai apapun, bahkan nilai agama sekalipun. Nilai yang ada dalam kapitalisme hanya nilai untukĀ  mencari modal sebesar-besarnya. Kondisi diatas semakin memperparah eksploitasi yang dilakukan oleh system terhadap alam. Keuntungan diperbesar sedemikian rupa, tapi alam semakin terpuruk keadaannya. Ekploitasi kapitalisme terhadap alam melalui perusahaan pertambangan menimbulkan efek yang buruk bagi alam sendiri. Eksploitasi dalam berbagai jenis sector tambang telah meningkatkan rusaknya ekosistem alam dari berbagai sisi.

Pada abad ke-21, kapitalisme telah menjejakkan kakinya dibumi hamper ratusan tahun lamanya. Efek-efek buruk dari penjarahan kapitalisme telah kita rasakan pada awal abad ini. Kasus global warming merupakan contoh nyata dari keserakahan kapitalisme. Pemanasan bumi yang terjadi merupakan imbas langsung dari berbagai limbah pabrik dan berbagai macam limbah dari system produksi kapitalisme. Limbah pabrik tersebut mempengaruhi berbagai lapisan ozon yang ada di atmosfer. Dari seabad yang lalu, suhu bumi meningkat beberapa celcius karena sinar ultraviolet yang dipancarkan dari matahari tidak dapat dipantulkan kembali oleh lapisan atmosfer bumi. Meningkatnya suhu bumi, merupakan akibat langsung dari system kapitalisme yang mempunyai corak eksploitasi total dalam segala bidang.

Akibat lain dari gejala alam adalah perubahan musim. Dalam beberapa tahun terakhir, musim selalu ditandai dengan berbagai macam bencana yang berhubungan dengan perubahan cuaca yang drastic. Perubahan musim yang tidak jelas ini menyebabkan berbagai kerugian, baik fisik maupun material, terutama orang-orang yang menggantungkan hidupnya dari musim. Petani dan nelayan yang berada di Negara-negara miskin dan berkembang akan langsung merasakan akibatnya. Bumi memang sedang menangis melihat keserakahan manusia yang terwakili oleh system kapitalisme.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: